Tips Agar Busana Muslim Tak Terkesan Berlebihan

Dewihijab.com – Busana muslim tersedia dalam ragam pilihan model, warna, dan gaya. Semua kembali kepada gaya dan selera personal, selain juga pertimbangan harga tentunya. Apa pun pilihan Anda saat berbusana muslim, perhatikan sejumlah hal agar penampilan menonjolkan keindahan dan kesantunan berbusana.

Kompas Female berbincang bersama sejumlah desainer busana muslim Indonesia. Anda bisa mempraktikkan sejumlah saran dari mereka, namun satu hal yang penting diperhatikan. Yakni, saat berbusana muslim pilihlah satu bagian dari penampilan yang menjadi pusat perhatian atau ingin ditonjolkan. Artinya, hindari penggunaan busana muslim yang menonjolkan lebih dari satu hal pada keseluruhan penampilan Anda.

Busana Muslim

Tentukan fokus
“Saat busana muslim, sebaiknya menekankan pada satu sisi, mana yang mau ditampilkan. Point of you apa? bagian baju mana yang ingin ditonjolkan? Orang akan melihat baju itu ke arah mana. Jadi, jangan terlalu heboh,” saran desainer pemilik tiga label busana muslim, Monika Jufry di sela pagelaran busana Eksobatika Grand Indonesia, beberapa waktu lalu.

Senada dengannya, secara terpisah desainer muda pendiri Hijabers Community, Jenahara Nasution, mengatakan perempuan berhijab harus cerdas berbusana, mengutamakan satu elemen menunjukkan satu keutamaan berpakaian secara keseluruhan.

“Kesalahan umum berbusana muslim adalah orang ingin menonjolkan diri. Padahal pakai busana muslim sudah menonjol, karena kain yang panjang. Tonjolkan saja satu hal saat berpenampilan dengan busana muslim,” sarannya di sela temu media bersama HijUp.com, mal online busana muslim di Jakarta.

Cerdas padu padan

Menurut Jenahara, lihat karakter diri saat mengaplikasikan fashion muslim. Jika memilih konsep padu padan, harus cerdas memilih busana karena jika salah pilih penampilan terlihat tak enak dipandang.

“Kalau jilbabnya sudah berwarna cerah, pilih baju yang meredam warna jilbab. Kalau baju bermotif ramai, pilih kerudung polos satu tone warna dengan baju. Kombinasi warna penting. Saya pikir muslimah saat ini sudah cukup pintar pilih busana karena tren fashion muslim terus berkembang, inspirasi juga menyebar dengan berbagai aliran seperti girly, etnik, banyak pilihan. Apalagi Indonesia multikultur, inspirasi berbusana muslim banyak pilihan,” tuturnya.

Nah, soal kombinasi warna, desainer anggota Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Najua Yanti mengatakan Anda juga juga bisa padu padan dengan konsep tabrak warna dan motif dengan satu tone warna. Konsep padu padan dengan tabrak warna masih berlaku dan bisa terapkan dalam busana muslim.

“Tabrak warna masih bisa dilakukan, warna luaran yang kuat bisa dipadankan dengan baju bagian dalam berwarna kuat. Baju bermotif juga bisa dipadankan dengan luaran bermotif, namun masih senada warnanya. Misalnya baju batik oranye muda, bisa dipadankan dengan luaran motif tenun berwarna senada,” saran Najua.

Namun tentunya semua kembali ke selera Anda. Kalau Anda merasa nyaman dan sesuai selera, Anda bisa berkreasi dengan busana muslim yang kini tersedia dengan ragam gaya.

Simpel dan sesuai kaidah

Satu hal yang juga tak kalah penting. Gaya simpel masih tetap jadi pilihan. Seperti pendapat Jenahara, busana muslim yang menggunakan kain panjang, sudah sangat menonjol. Jadi, desain baik cutting maupun aplikasi sebaiknya juga pilih yang simpel, dan menonjolkan satu sisi tidak memberikan kesan “berat” dan berlebihan.

“Warna dan gaya kembali ke selera. Saya sendiri lebih menyukai penampilan simpel, konsepnya less is more. Misalnya baju polos, buat daya tarik dengan aplikasi hijab yang beda dan pemakaian aksesori. Jangan pakai baju bermotif banyak bunga, jilbabnya juga heboh tambah lagi aksesori,” tutur Monika.

Menurut Jenahara, selain pintar padu padan, saat berbusana penting juga untuk mengetahui trik siluet. Yang penting busana muslim bisa ditampilkan secara proporsional. Lebih penting lagi, busana muslim harus memenuhi kaidah. Di antaranya tidak membentuk tubuh secara ketat, menutupi bokong dan dada, tidak transparan dan kalaupun memilih gaya transparan padankan dengan inner yang menutupi seluruh tubuh.

 

Partner : koleksi baju koko dan kemeja pria muslim Geraimae.com 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s